Proses organisasi merupakan hal yang sangat penting untuk struktur-struktur
oragnisasi, karena tanpa proses, organisasi tersebut tidak akan berjalan
dengan baik. Terdapat empat proses penting dalam organisasi, yaitu:
Proses organisasi berlangsung dimulai dengan Komunikasi.
Komunikasi menduduki tempat yang utama karena susunan keluasan dan cakupan
organisasi secara keseluruhan ditentukan oleh tehnik komunikasi. Dari sudut
pandang ini komunikasi adalah suatu proses sosial yang mempuyai relevansi
terluas di dalam memfungsikan setiap kelompok, organisasi atau masyarakat.
Selanjutnya masuk ke tahap pengambilan keputusan.
Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan tahapan sebagai
berikut:
a. Menghimpun data melalui pencatatan bahkan mungkin
b. Berupa kegiatan penelitian
c. Melalui analisis data
d. Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
e. Mengoperasionalkan keputusan menjadi kegiatan
f. Selama berlangsungnya kegiatan sebagai pelaksana keputusan akan
diperoleh data operasional yang baru
Setelah itu masuk ke tahap Evaluasi Prestasi.
Proses evaluasi prestasi di dalam organisasi menunjukkan bahwa prestasi
individu, kelompok, dan organisasi adalah suatu hasil atau variabel bergantung
dari prilaku organisasi, struktur dan proses. Sistem yang diterapkan
untuk mengevaluasi prestasi membantu maksud-maksud seperti penentuan imbalan
(upah, promosi, dan alih tugas), identifikasi kebutuhan akan
pelatihan (training), penyediaan balikan bagi para pegawai dan lain-lain.
dan yang terakhir, Sosialisasi & karir.
Proses sosialisasi adalah suatu proses dimana kita dapat bergaul dalam
suatu komunitas tertentu maka disitulah proses sosialisasi akan terjadi.
Sedangkan karir adalah suatu deretan posisi yang di duduki oleh seseorang
selama perjalanan usianya. Karir adalah rangkaian perasaan individual dari
sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengamalan kerja dan aktifitas selama
rentang waktu kehidupan orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar