Minggu, 03 November 2013

Korelasi Antara Bahasa Indonesia Dengan Sistem Informasi

                 Secara umum, Bahasa dapat diartikan sebagai ucapan, pikiran dan perasaan seseorang yang disampaikan secara teratur dan digunakan sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat. Menurut Harimurti Kridaklaksana (1997) bahwa bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer, digunakan para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama dan berkomunikasi untuk mengidentifikasi diri dihadapan orang lain.

Pengertian Bahasa

Bahasa adalah alat komunikasi anatara anggota masyrakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa adalah cara komunikasi yang lebih kompleks dibandingkan cara berkomiunikasi yang lain seperti lewat lukisan,asap,dll. Arti bahasa merupakan symbol karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia harus diberikan makna tertentu pula.

Konsep-konsep dan teknologi(iptek) secra tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai  dengan perkembangan dan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi itu.

Menurut sunaryo tanpa adanya bahasa, iptek tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bahasa juga berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek

Pengertian Sistem 

(Systema) dan bahasa yunani (sustema) adalah kesatuan yang terdiri dari komponen atau element yang di hubungkan bersama untuk memudahkan aliran beriformasi atau energi untuk mencapai suatu tujuan yang sama,kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Pengertian Informasi

Suatu data yang mempunyai nilai informasi yang berupa data,bentuk atau suara yang bisa kita rakan maafat nya,sistem juga mempunyai kesatuan yang saling berhubungan dalam satu jangkauan wilayah tertentu

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Sistem informasi jg mempunyai pengertian lain yaitu  gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Korelasi antara Bahasa Indonesia dan Sistem Informasi

Dari penjelasan diatas, bahasa berfungsi sebagai sarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Implikasinya di dalam pengembangan daya nalar, menjadikan bahasa sebagai prasarana berpikir modern.  Sedangkan  system informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi. Tanpa adanya bahasa mungkin kita tidak dapat berkomunikasi atau berinteraksi dengan individu lainnya dan tidak dapat memberikan informasi.


Nama   :   Imam Syafi'i
NPM     :   13111535 
Kelas   :   3KA35 







Sumber : 





http://ghembiel09.blogspot.com/2010/11/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html



http://npermana.mhs.uksw.edu/2012/11/pengertian-sistem-informasi.html



http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi



http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi



http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar