Rabu, 22 Oktober 2014

Definisi Telematika

        Secara harfiah, Telematika berasal dari Bahasa Perancis “Telematique” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri dapat diartikan sebagai sarana atau prasarana, sistem, dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Para praktisi menyatakan “Telematics” adalah singkatan dari “Telecommunication” and “Informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “The New Hybrid Technology” yang lahir karena perkembangan Teknologi Digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi).

         Menurut Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2001 tentang kerangka kebijakan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia, didapat pengertian telematika sebagai berikut : “Telekomunikasi, Media, dan Informatika atau disingkat sebagai Teknologi Informatika”  Toffler berpendapat bahwa teknologi telekomunikasi dan informatika, kini popular dengan nama telematika (Yuliar, 2007). Menurut (Miarso, 2007) Telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital). Telekomunikasi adalah sistem hubungan jarak jauh yang terjalin melalui saluran kabel dan nirkabel (gelombang suara, elektromagnetik, dan cahaya), sedangkan informatika adalah pengelolaan data yang bermakna dengan sistem binary (digital).

         Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology). Istilah teknologi dan komunikasi (ICT = Information and Communication Techology) yang lebih dikenal sekarang ini bermaksud memperluas pengertian telematika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa telematika merupakan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary atau digital.

Sumber :

http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/definisi-perkembangan-dan-trend-kedepan.html


Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar