Selasa, 25 Maret 2014

Berkeliling Jam Gadang

                Pada saat itu saya, kakak dan adik saya berencana ingin bermain ke Jam Gadang Bukit Tinggi Sumatra Barat, kami berangkat dari rumah jam 10 pagi. Saya naik motor sendiri dan kakak naik motor bersama adik. Perjalanan menuju Bukit Tinggi begitu indah, kiri dan kanan jalan terdapat bukit-bukit, tebing, dan hamparan sawah hijau yang luas.

                Udara yang dingin dan segarpun saya rasakan di sepanjang perjalanan. Tidak terasa kira-kira 1 jam kami tiba di Bukit Tinggi dan lekas kami menuju tempat parkir yang terdekat dari Jam Gadang. Kami pun segera menuju Jam Gadang yang penuh cerita sejarah itu. Kami pun tiba tepat di depan Jam Gadang, begitu indah Jam peninggalan zaman belanda ini.

                Ada yang unik dari Jam Gadang ini, yaitu angka empat romawi yang terdapat pada jam ini bukanlah angka 4 romawi yang biasa kita kenal (IV) namun angka empat pada jam ini dituliskan (IIII). Di ujung paling atas jam ini terdapat atap khas rumah adat sumatra barat, saya bersyukur peninggalan sejarah ini masih terjaga dengan baik, karena banyak peninggalan sejarah yang tidak dijaga.

                Kami pun mengabadikan moment ini dengan berfoto bersama dengan riang. Tidak terasa perut sudah meminta untuk diisi, kami pun tidak kesulitan mencari tempat makan disini, karena banyak pedagang makanan dan pedagang kaki lima lainnya yang berjualan disekitar jam gadang. Akhirnya kami memilih untuk makan sate padang.

                Sate padang ini terdiri dari 6 tusuk sate dan satu setengah ketupat yang diguyur bumbu khas nikmat dan ditaburi bawang goreng gurih. Begitu lezatnya sate padang ini, harga satu porsinya 12.000 ribu rupiah. Sebelum pulang kami pun menyari pernak-pernik khas Bukit Tinggi yang banyak dijual pedangang kaki lima di sekitar Jam Gadang. Kami sepakat untuk membeli gantungan kunci berbentuk Jam Gadang dan baju yang bergambarkan Jam Gadang. Cukup menyenangkan jalan-jalan hari itu disekitar jam gadang yang ramai meriah dan indah.



By :  Imam Syafi'i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar